Jumat, 08 Juli 2011

Field Trip kelas 1 SD ke "Godong Ijo" pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan

HOREEEEEEE.....
Inilah ekspresi anak-anak muridku saat ingin Field Trip ke Godong Ijo. " Bu Guru,, aku ga bisa tidur buat tunggu hari ini, kata salah seorang muridku Ahsya." 
Kegiatan Field Trip kelas 1 SDI Al Ikhlas tahun pelajaran 2010 - 2011  adalah pergi ke Godong Ijo di daerah Sawangan. Kegiatan Fied Trip ini selalu dilakukan setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan Field Trip ini adalah mengenalkan alam semesta melalu pembelajaran di luar. Selain intu, juga melatih keberanian, rasa percaya diri anak-anak ketika mereka belajar di luar sekolah. 

 Lokasi Godong Ijo di daerah Sawangan merupakan area yang bisa digunakan untuk pembibitan tanaman. tetapi Godong Ijo juga memberikan paket untuk kindergarden, preschool 1&2, preschool 3&4, preschool 5&6. Untuk setiap kegiatannya disesuaikan dengan tingkatan kelasnya. Kami memilih paket pre school 1&2, kegiatannya terdiri dari:
  • menonton drama tentang global warming
  • reptile interaction
  • out bond
  • fishing
  • menanam tanaman



Menonton drama tentang Global Warming yang diperankan oleh tim Godong Ijo sangat menarik perhatian mereka. 

Okeeee... setelah menontonn mari kita siapkan barisan untuk OUT BOND. Yeeeeaahhh Horeeee.................
Anak-anak semangat sekali untuk megikuti outbond dan mereka pun langsung menyiapkan barisan rapi.


Its Time to Out bond ^.^


Anak-anak sangat antusias ketika giliran mereka untuk flying fox dan melewati jembatan gantung.
beragam ekspresi dari mereka tidak pernah kami lewati.








Ketika kelompok putra outbond. Kelompok putri mereka memancing sambil mengelilingi beranekaragam tanaman kamboja jepang dan sebagainya. Rasa capek dan semangat bercampur aduk sehingga di hati mereka masih ingin melanjutkan kegiatan-kegiatan selanjutnya.



Waktunya memancing...
Bu guru.. kok aku ga dept ikannya yaa?, kata salah seorang anak. Bu aku dapet 3 ikan... ikannya aku bawa pulang ya bu?, ungkap salah seorang anak.
Pengalaman memancing ini memperlihatkan kesabaran dan ketekunan anak-anak. Tapi mereka tetap senang dan ceria meskipun pada dasarnya mereka sudah lelah... :(

Reptile Interaction.............


 Sebelum kegiatan reptile interaction. Sebelumnya anak-anak diberi pengarahan tentang berbagai macam jenis tanaman yang ada di Indonesia. Mereka mengelilingi lokasi yang tdapat beberapa jenis tanaman. Kemudian para tutor menjelaskan tanaman yang diperlihatkan. Mendengarkan dan bertanya kepada tutor adalah kegiatan dari anak-anak.










Waaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh... kura-kuranya besar sekali bu......
Anak-anak diberikan wortel kemudian secara bergantian mereka memasuki kandang dari kura-kura kemudian mereka memberikan makanan sendiri kepada kura-kura. 





Rasa penasaran anak-anak terlihat selanjutnya ketika mereka ingin melihat ikan pemakan daging.
Ibu lihat deh...,"kata anak-anak".





Setelah makan siang mereka kegiatan mereka dilanjutkan dengan menanam  tanaman secara individu. Yang hasil dari menanam mereka akan dibawa pulang. Anak-anak mengikuti intruksi yang diberikan kepada tutor setelah itu mereka mempraktekkannya sendiri.




Menanam secara berkelompok, setelah menanam kemudian juri yang terdiri dari tutor dan guru memilih kelompok hasil menanam yang rapi. Dilihat dari kekompakan, kerjasama, kebersihan saat mereka melakukan kerja kelompok. Hingga pada akhirnya kelompok inilah yang menang. It's just game. It's Okay...

 Diantara dari kegiatan reptile interaction




 Bu guru... aku capekkkkk....... Akhirn dari kegiatan ini adalah anak-anak diberikan souvenir berupa 1/2 pot tanaman yang diberikan kepada masing-masing siswa.


 Hingga pada akhirnya mereka semua pulang dengan membawa berbagai cerita. Rasa lelah terlihat dari wajah anak-anak. Tetapi pengalaman yang mereka dapat akan selalu diingat dan sangat berkesan bagi mereka...

Pembelajaran di luar kelas ini sangat diperlukan bagi siswa. Sehingga wawasan belajar mereka bertambah dengan mereka mencari tahu, melihat, mempraktekkan dan menyimpulkan. Semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Terimakasih...
Godong Ijo, 11 Maret 2011

^.^

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar