Kamis, 07 Juli 2011

Belajar Berdiskusi di kelas 1 SD

Mengenalkan anak untuk berdiskusi di kelas memang sangat penting. Terlebih lagi saya sebagai guru kelas 1 SD mengenalkan murid-murid saya untuk berdiskusi tentang materi peraturan anak di sekolah dan di rumah (PKn).  Sejujurnya untuk mengajarkan anak-anak kelas 1 SD mata pelajaran PKn merupakan tantangan bagi saya untuk menyampaikan materi tersebut. Tetapi dengan banyaknya metode pengajaran yang menarik untuk pelajarnan PKn membuat saya terbantu sekali. Berdiskusi, bermain peran merupakan metode yang selalu saya gunakan dalam mengajarkan mata pelajaran PKn.
Awalnya memang saya harus ekstra memberikan penjelasan bagaiman tata cara mereka berdiskusi. Namanya anak kelas 1, banyak anak-anak yang masih bingung. Mereka yang sudah paham malah mengerjakan tugas secara individu bukan kelompok. Nah, tugas seorang gurulah yang harus selalu mengingatkan anak-anak bahwa mereka harus bekerja secara kelompok. Lama-kelaman ternyata kegiatan belajar secara berkelompok sangat efektif. Metode belajar seperti ini sangat bagus untuk menjadikan pembelajaran dikelas menjadi pelajaran student center bukan teacher center. So fun,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar